Saturday, November 30, 2013

CARA INSTALL WEBMIN DI CENTOS VIA SSH



Hai sobat bloger kali ini saya akan share cara instal webmin di vps centos .Kali ini saya menggunakan centos 5 32 bit ,untuk versi linux yang lain mungkin berbeda caranya .oke deh berikut tutorialnya.

Pertama kita siapkan aplikasi tunnelnya dulu untuk koneksi ssh ke vps. kali ini saya menggunakan putty,kalo sobat belum punya silahkan download disini.





Kedua masukan IP vps sobat ke kolom Host / IP address dan klik open setelah itu masukan user root enter dan password sobat enter



Ketiga setelah berhasil login seperti gambar di atas,kita download software webminya dengan cara ketikan kode berikut

wget http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin-1.510-1.noarch.rpm  dan tekan enter biarkan proses download berjalan,dan kira-kira akan seperti gambar di bawah ini



                                   


Keempat kalau sudah berhasil download seperti gambar di atas sekarang tinggal kita install softwarenya dengan cara ketikan kode berikut .

rpm -ivh webmin-1.510-1.noarch.rpm

dan tekan enter proses penginstalan akan berjalan dan tunggu sampai selesai


Kelima Jika sudah selesai, akses ke webmin dengan cara: https://IP_Server:10000/
Login: root
Passwd: (passwd root ssh)



Dan berikut ini adalah contoh webmin yg berhasil saya instal di vps centos 5


Oke sobat sekian tutorial instal webmin dari saya semoga bermanfaat dan semoga sobat sukses juga dalam menginstal webmin ,terimakasih.














 

No comments:

Post a Comment